Inovasi Menuju Kemandirian Nasional.


Inovasi dapat diartikan sebagai usaha untuk melakukan suatu perubahan pada sesuatu yang sudah ada atau untuk menciptakan sesuatau yang baru. Setiap orang berusaha melakukan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Seperti yang telah dilakukan oleh Thomas Alva Edison, seorang ilmuwan yang berjasa dalam penemuan lampu,

Alexander Grahambell, Albert Einstein, dan Ilmuwan lainnya.


Inovasi sendiri dapat dilakukan dalam berbagai bidang, seperti transportasi, teknologi informasi, ilmu pengetahuan dan bahkan inovasi dalam bidang kuliner atau makanan. Hal ini disebabkan karena setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda, dan tidak mungkin kita mengatakan bahwa hanya sesuatu yang baru dalam bidang teknologi modern-lah yang disebut inovasi. Kalau begitu, bagaimana dengan orang yang tak pandai pada bidang teknologi namun ahli dalam bidang musik? Apakah sesuatu yang mereka hasilkan bukanlah inovasi? Oleh karena itu, setiap orang berhak untuk mencoba dan melakukan inovasi, tanpa membeda-bedakan fisik, staus sosial, status ekonomi, atau agama. Percayalah bahwa apapun yang kita hasilkan akan menjadi inovasi untuk dunia apabila sesuatu yang kita hasilkan dapat diterima oleh masyarakat dunia.


Bagaimana dengan Indonesia? Sebenarnya, bangsa Indonesia telah melakukan inovasi dalam beberapa bidang, seperti misalnya yang satu ini :

Mobil Super Irit buatan mahasiswa Indonesia


Lantas, mengapa sampai saat ini karya anak bagsa tersebut masih belum dapat mengalahkan produksi luar negeri? Hal ini bukan disebabkan oleh kurangnya kualitas inovasi tersebut. Banyaknya barang-barang Impor dari luar negeri menjadi salah satu penyebab malasnya seseorang untuk berinovasi sehingga hanya sedikit inovasi asli anak bangsa . Selain itu citra yang telah melekat pada bangsa Indonesia juga turut mempengaruhi. Seperti halnya Jepang atau Amerika, kedua negara tersebut merupakan telah terkenal dengan segala kemajuanya di berbagai bidang. Sehingga apapun inovasi yang mereka lakukan, pastinya banyak orang yang penasaran dan mencoba hasil inovasi mereka. Sementara Indonesia? Sampai saat ini mungkin masih belum, namun siapa yang tahu bahwa beberapa tahun ke depan Indonesia menjadi bangsa maju dengan segala inovasi yang dilakukanya?


Motivasi.. adalah hal penting yang dibutuhkan dalam melakukan inovasi.

Misalnya, ketika kita menggunakan software Paint (aplikasi menggambar di windows). Ketika ingin membuat garis miring, garis yang dihasilkan akan pecah atau tidak lurus. Ini akan menimbulkan motivasi dalam diri kita untuk membuat software menggambar yang dapat membuat garis miring tanpa pecah. Orang yang berpikiran sempit dan mudah menyerah hanya akan menunggu dan menggunakan hasil karya orang lain, namun Orang yang berpikir kritis dan tidak mudah meyerah akan selalu berusaha untuk berinovasi dan melakukan yang terbaik. Sesungguhnya semua yang dilakukan pada akhirnya akan berdampak pada diri kita, dan ketika kita mulai merasa tidak cocok dengan sesuatu, barulah kita berusaha untuk melakukan perubahan.. Lantas, mengapa tidak dimulai saat ini? Lakukanlah dari ruang lingkup yang kecil, misalnya mulai dari linkungan sekitar lalu kembangkan hingga ke seluruh Indonesia dan hingga suatu saat dapat diterima oleh seluruh dunia. Janganlah malu untuk bertanya dan mencari panutan. Selain itu, jika tidak bisa melakukanya sendiri, lakukanlah berdua, jika 2 orang masih belum cukup lakukanlah dengan banyak orang. Lihatlah dunia, dan kita akan termotivasi untuk menjadi lebih baik dari mereka. Demi keluarga, Bangsa dan untuk diri kita sendiri, marilah berusaha untuk menjadi yang terbaik dan marilah berinovasi sebelum semuanya menjadi lebih sulit. Ubahlah diri kita, kemudian kita akan mengubah Indonesia menjadi negara mandiri dengan karya anak asli Indonesia.


Jika ada diantara kalian yang memiliki keahlian di bidang Komputer, kalian dapat memulainya dengan mengikuti lomba seperti yang diadakan COMPFEST 2011. Berikut ini lomba yang diadakan :

Blogging Competition Compfest 2011

1. Lomba Programming (SMA/Mahasiswa)

2. Lomba Blogging (umum)

3. Lomba Game Design (umum)

4. Lomba Robotic (SMA)

Info lebih lanjut : www.compfest2011.com.

Sementara untuk lomba-lomba dibidang lain dapat dicari di www.google.co.id.



referensi :

http://www.google.co.id/

http://www.tempointeraktif.com

http://andriewongso.com




-->Mungkin saat ini kita hanyalah seorang pemimpi, namun siapa yang dapat memastikan bahwa mimpi kita tidak akan pernah berubah menjadi kenyataan?<--

-->percayalah bahwa sesuatu yang baik akan selalu diterima dan sesuatu yang buruk akan ditinggalkan perlahan-lahan, oleh karena itu, teruslah berinovasi dalam hal positif dan jangan pernah mengikuti trend negatif.<--

0 comments:

Post a Comment